Sistem operasi yang pertama kali di dunia

Sebelum pada tahun 1970, kita belum mengenal ada yang namanya sistem operasi. Walaupun komputer pertama diciptakan pada tahun 1941 oleh Conrad Zuse, tetap sistem operasi pertama kali diluncurkan pada tahun 1970 dengan nama GUI (Graphic User Interface) yang dikembangkan oleh para peneliti Xerox Palo Alto Research Center (PARC).

Dengan adanya sistem operasi ini, maka dunia komputer mulai mengalami kemajuan yang signifikan dan membuka era baru dalam sistem komputer grafis. GUI diterapkan pada komputer pribadi (PC) pertamanya dengan menggunakan grafis yang modern yaitu dengan nama Xerox alto yang diluncurkan pada tahun 1973. Tetapi walaupun berbentuk PC, komputer ini bukan ditunjukan untuk sebagai PC rumahan, tetapi untuk keperluan peneliti Universitas.

Lalu kemudian pada tahun 1981, Xerox merilis kembali sistem operasi yang baru dan lebih modern yang diberi nama The Xerox Star. Xerox star kemudian berganti nama menjadi Viewpoint lalu berganti nama lagi menjadi GlobalView.

Kemudian GUI mengembangkan sistem operasi VisiCorp Visi On yang ditunjukan untuk IBM PC. Siste operasi ini sudah menggunkan mouse sebagai pengendali penunjuk tetapi OS ini tidak menggunkan ikon pada tampilanya. Sistem Operasi ini dibuat sebenarnya ditargetkan untuk menarik perusahaan-perusahaan besar dan akan dijual dengan harga yang tinggi.

Tidak mau kalah dari saingan nya oleh IBM. Apple membuat sistem operasi pertamanya yaitu yang kita kenal denga Lisa OS pada tahun 1983. Tetapi sayang nya Lisa ini tidak berkembang seperti yang diharapkan dan masih kalah saing dengan OS nya IBM. Dikarenakan kegagalanya itu Aplle meminta bantuan GUI untuk pengembanga OS nya yang baru.

Mac OS system adalah hasil jadi OS yang dikembangkan GUI untuk OS apple yang dirilis pada tahun 1984. Pada fitur OS ini sudah tampak seperti yang sekarang kita gunakan yaitu tampilan dekstopnya sudah berupa ikon ikon kecil. Keunggulan Mac OS ini terlihat dari tampilanya dan kemudahannya(maksudnya orang awam pun pasti akan langsung mengerti jika memainkan komputer dengan OS ini, OS ini sama dengan windows yang sekarang cara penggunaanya simple dan mudah dipahami)

                Bukan hanya itu keunggulanya Mac OS ini. Pada setiap jendela dapat dipindahkan dengan mouse dan tak hanya jendela, file dan folder pun dapat disalin dengan hanya menyeret dan menempatkan (dragging and dropping) ke lokasi atau target yang diinginkan pengguna (sama seperti sekarang).

GUI selama bertahun tahun telah dikembangkan oleh beberapa OS lainya yaitu seperti Windows,amiga,Symbian OS,Linux. Dan hingga sekarang fitur dan tampilan ikonya masih digunakan oleh berbagai OS yang ada didunia.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s