Keyboard dan monitor

Alat Inputan keyboard “QWERTY”

Walaupun komputer pertama kali ditemukan pada tahun 1941 oleh Conrad Zuse, tetapi tata letak ketik untuk komputer telah ditemukan jauh jauh sebelumnya oleh Christoper Latham Sholes, pada tahun 1864. Permasalahan mulai terlihat, berawal dari mesik ketik yang sering mengalami jamming/menyangkut dari pita satu dengan pita lainya dikarenakan pengketikan yang sangat cepat,pencepatan ketikan cepat itu terjadi di karenakan urutan abjad yang berurutan, sehinga orang orang menjadi sangat mudah dalam hal pengetikan di mesin tik. Bingung memikirkan bagaimana caranya agar tidak menyangkut lagi, Christoper Latham Sholes mengambil inisiatif untuk mengacak urutan alfabet tersebut sedemikian rupa hingga menemukan urutan kombinasi huruf acak yang sangat sulit yang dimaksudkan untuk memperlambat dalam pengetikan.

Keyboard pada umumnya memiliki 104 tombol, tetapi seiring perkembangan jaman sekarang ini keyboard sudah memiliki lebih dari 104 tombol contohnya keyboard “SNAK” yang dipopulerkan oleh facebook sebagai keyboard untuk para facebooker di seluruh dunia.

Banyak model tata letak keyboard selain QWERTY, yaitu DVORAK, QWERTZ, AZERTY, QZERTY tetapi didunia lebih mendominasi keyboard QWERTY dikarenakan keyboard ini sudah booming di kalangan masyarakat dunia dan familiar dikalangan pemakainya.

Keyboard di era modern sekarang ini sudah dimodifikasi menjadi bentuk yang lebih baru, dikarenakan dengan adanya teknologi layar sentuh. Kita ambil contoh Handphone merk Apple yang bentuknya sudah berupa layar saja tidak ada tombol tombol lagi, saat kita mengetik sms maka akan muncul tampilan pirtual keyboard dibawahnya.

 

Alat Outputan monitor

Monitor tidak dapat dilepaskan dalam sebuah kombinasi komputer yang utuh tanpa monitor yang melengkapinya. tanpa monitor komputer tidak dapat menampilkan hasil pekerjaanya, dan tentu orang yang mengoperasikanya juga akan bingung. Dari semenjak awal pembuatan komputer ,monitor komputer menggunakan TV rumahan pada saat itu, hingga Komputer pertama menggunakan monitor CRT (sinar Katoda tabung) pada tahun 1980 an.

Komputer pertama yang menggunaka layar LCD adalah laptop, dia menggunakan layar LCD dikarenakan ukuranya yang kecil, mengkomsumsi daya yang rendah dan beratnya ringan dan tampilan layar yang lebih enak dimata.

Sebenarnya perkembangan monitor mengikuti perkembangan komputer, dikarenakan komputer membutuhkan grafik yang bagus di era yang modern ini sehingga mendorong munculnya layar layar monitor baru yang lebih bagus. Sekarang ini laptop, tamptop dan komputer menggunakan layar LCD dan LED dan bahkan sekarang layar TV pun menggunakan LCD dan LED dilayarnya.

Dan sekarang perkembangan monitor semangkin terlihat dengan adanya monitor layar sentuh/ touchscreen pada Hp dan tamptop.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s