Inputan pemindai Digital Mark Reader

Alat ini sebenarnya sudah tidak asing lagi terdengar dikalangan para pemeriksa nilai ujian mahasiswa, alat ini digunakan untuk mendeteksi hasil tulisan jawaban di LJK siswa. DMR dikembangkan oleh ITB pada tahun 2002-2003, yang bertujuan untuk memudahkan pemeriksaan pada LJk siswa agar lebih efektif dan terhindar dari kesalahan saat pemeriksaan.

DMR saat bekerjanya menggunakan kemampuan scanner dokumen untuk menghasilkan gambar, lalu setelah menjadi gambar, gambar tersebut diinterpelasi oleh software dan diolah. DMR bekerja bukan hanya dengan kemampuan scanner saja tetapi juga dari tanda yang terdapat di LJK siswa, jika diperhatikan tanda LJK pada siswa maka setiap urutan nomer dipinggirnya akan terdapat garis garis hitam, garis garis hitam tersebutlah penanda pada scanner dan DMR.

Akurasi dalam pemeriksaan oleh DMR patut diacungi jempol dikarenakan kesalahan pemeriksaan dapat sangat diminimalisir menjadi sekecil mungkin kesalahan.pada saat awal pembuatan DMR, DMR bekerja dengan 2 warna pengidentifikasi pada LJK tetapi DMR terus ditingkatkan pengembanganya pada tahun 2008, DMR menghadirkan fitur yang baru dengan ( i-CCD) inteligent Custom Color Dropout yang memungkinkan tanda silang pada LJK cukup dengan satu warna saja.

Cara kerja DMR sangat mudah dibandingkan dengan saudaranya OMR yang cara kerjanya cukup sulit, sehingga saat ini sebagai alat input pemindai untuk pemeriksaan LJK siswa banyak yang menggunakan DMR. Keunggulan DMR tidak hanya terlepas dari ketepatan, kecepatan dan konsistensinya tetapi juga kepercayaan si pemakai pada alat tersebut dikarenakan keakuratanya.

DMR adalah hasil mahakarya anak anak indonesia, DMR versi 3 telah di publikasikan bukan hanya di indonesia saja tetapi sudah sampai mancanegara yaitu di malaysia dan korea selatan sejak peluncuran produk terbaru DMR yaitu pada tahun 2008. Kini DMR diyakini akan segera mendunia di masa kedepanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s