Compact Disk (CD)

Siapa dari anda yang tidak kenal dengan benda yang satu ini. Bentuknya bulat seperti piringan, ditengah tengahnya ada bolongan, dan di bawah piringannya jika terkena sinar maka kita akan melihat pelangi. Yup benar benda ini adalah Compact Disk atau yang lebih akrab kita panggil CD. Kepingan ini sekarang sangat populer digunakan sebagai media penyimpanan yang murah meriah, sekali pake bisa langsung buang wkwkwkwk.

Compact Disk pertama kali diciptakan oleh James T Russel, dia adalah seorang yang sangat menyukai musik. James menemukan sebuah cara untuk penyimpanan data yang dapat disimpan di dalam sebuah piringan yang sangat sensitif cahaya laser. Tetapi piringan buatan James T Russel masih kurang bagus dikarenakan ukuranya yang masih sangat besar

Kemudian pada tahun 1972, Klass Compaan dan Pie Kramer yang seorang ilmuan ahli fisika dari Philips Research menciptakan Video Disk berwarna pertama di dunia. Ternyata pembuatan Video Player berwarna pertama di dunia ini gagal total, dikarenakan penerimaan data nya yang kurang efisien sehingga sering terjadi error saat pembacaan.

Setelah mengalami kegagalan di produk Video player pertama phillips, lalu phillips 6 tahun kemudian bekerja sama dengan SONY untuk membuat standart baku pembuatan CD berwarna pertama di dunia. Akhirnya Standart baku ini berhasil diluncurkan perdana nya secara resmi di eropa dan jepang  pada tahun 1982. Dan menyusul kemudian 1983 di amerika serikat.

Ternyata walaupun sukses dipasaran, kepingan CD ini menuai banyak keluhan dari para pengguna CD. Dikarenakan daya tampungnya yang sangat sedikit. Baru kemudian pada tahun 1990, para perusahaan pembuat CD mengusulkan pembuatan media baru dengan daya tampung yang lebih besar dari CD. Prusahaan- Perusahaan besar  yang terdiri dari JVC, Hitachi, Matsushita, Mitsubishi, Philips, Pioneer, Sony, Thompson, Time-Warner, dan Toshiba membentuk sebuah konsorium untuk mengembangkan teknologi optik.

Baru kemudian pada tahun 1996 negara Jepang memperkenalkan teknologi optik terbaru dengan diberi nama DVD. DVD ini samapai sekarang masih digunakan dikarenakan kualitasnya yang bagus dan tentu harganya juga sangat murah.

Sekarang ini generasi CD terbaru adalah Blue-Ray dan HD-DVD yang nanti akan menggantikan teknologi DVD di masa depan. Bahkan sekarang Blue-ray sudah banyak digunakan untuk pembuatan film Hollywood di amerika serikat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s