Virus Komputer

Masyarakat dunia mulai mengenal Virus komputer pada tahun 1986 yang pada saat itu dunia dikejutkan oleh virus yang menjalar dikomputer mereka, nama virus itu adalah “BRAIN”. Dengan saat cepat virus ini mulai menyebar dari 1 komputer ke komputer lain yang menggunakan disket DOS yang pada saat itu banyak digunakan oleh para pemakai komputer.

Tetapi sebenarnya virus sudah ada sejak tahun 1981 yang bernama Elk Cloner di TEXAS A&M. Elk Loner menyebar  melalui disket aplle II, Virus ini menyampaikan sebuah pesan dilayar : “It will get on all your disks-It will infiltrate your chips–yes it is Cloner!-It will stick to you like glue-It will modify RAM too-send in the Cloner!” Hi………………. Terjemahanya: “Ini akan didapatkan pada semua disk Anda-Ini akan menyusup pada chip Anda -ya ini adalah Cloner yang akan menempel pada anda seperti lem-Ini akan memodifikasi RAM juga – kirim kedalam cloner!” Hai ……………….

Sejak saat itulah Virus mulai menjangkit banyak komputer  yang pada saat itu tidak ada alat pertahanan terhadap Virus. Memang pada saat itu komputer tidak disediakan Anti-virus Seperti sekarang ini dikarenakan Virus komputer pada saat itu tidak ada.

Lalu pada tahun 1998 muncul Serangan Virus yang menjangkit Macintosh buatan Apple oleh virus MacMag dan Scores buatan Robert Morris.

Berselang 1 tahun kemudian serangan virus tetap berlanjut. Ada orang iseng yang mengirim file berupa “AIDS information Program”, dan celakanya setelah file tersebut dibuka, file tersebut bukanlah file berisikan tentang AIDS melainkan Virus yang menginfeksi HardDisk dan Virus tersebut meminta bayaran untuk kode pembukanya.

Kemudian pada tahun 1995 dunia internet diserang habis habisan oleh virus yang super jahat, nggak tanggung-tanggung mereka menyerang Griffith Air Force Base, Korean Atomic Research Institute, NASA, IBM dan masih banyak PERUSAHAAN RAKSASA lain yang dianiaya oleh “INETRNET LIBERATION FRONT” di hari Thanksgiving. Karena serangan tersebut saking berani dan dahsyatnya, tahun 1995 dikenal sebagi tahunya para HACKER dan CRACKER

Cerita diatas adalah saat awal permulaan nya virus diketahui dan muncul di dunia cyber yang bersifat merusak, tetapi tahukan asal mula virus berasal dari permainan iseng para ahli dibidang komputer pada tahun 1960. Singkat cerita para ahli di Lab BELL(AT&T) ini membuat sebuah perlombaan/game, peraturanya sederhana :membuat programyang dapat memperbanyak diri sendiri untuk saling menjatuhkan program pihak lawan serta mampu bertahan dari program serangan pihak lawan. Program terakhir yang dapat bertahan dan mampu menghancurkan program lawan maka akan dianggap sebagai pemenangnya.

Akhirnya perlombaan ini menjadi permainan yang favorite dikalangan para ahli di tiap tiap Lab BELL(AT&T). Pada awal nya permainan ini dianggap menyenangkan dan dapat menghibur mereka, tetapi lambat laun mereka menyadari bahwa game ini sangat berbahaya dikarenakan banyaknya para ahli saat itu membuat program yang sangat berbahaya bagi program lainya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s