Virus virus komputer yang mendeklarasikan awal perang dunia cyber

Virus komputer adalah musuhnya bagi para pengguna komputer diseluruh dunia. Biasanya Virus komputer ini hanya bertujuan untuk menggangu para pemilik sistem dikomputer saja, tetapi baru baru ini mulai muncul Virus yang mengancam perusahaan perusahaan besar, instalansi pemerintahan dan bahkan keamanan suatu negara.

Salah satu virus itu adalah Virus Stuxnet yang ditemukan pada tahun 2010 pada bulan JUNI.Stuxnet Diciptakan dengan tujuan untuk mengganggu sistem khusus Supervisiory Control and Data Acquisition (SCADA). SCADA adalah sistem yang mengontrol sistem pipa, pembangkit listrik tenaga nuklir dan perangkat perangkat manufaktur lainya di Iran.Buktinya beberapa perangkat sentrifusa pengayaan uranium yang dimiliki Iran mengalami kerusakan akibat diserang oleh Virus Stuxnet ini.

Belum lama setelah kasus Stuxnet ini ditanggulangi oleh pemerintah Iran, muncul kembali Virus yang lebih canggih dibandingkan Stuxnet. Nama Virus tersebut adalah Duqu, yang lagi lagi menyerang sistem di Iran. Microsoft mengemukakan ”Virus ini mengambil keuntungan dari kerentanan Windows untuk menyuntikan kode jahat kepada JANTUNG sistem komputer secara langsung. Duqu diduga diciptakan dengan tujuan untuk mengumpulkan informasi intelijen guna melakukan serangan lanjutan pada sistem kontrol industri Iran.

Setelah Stuxnet dan Duqu digunakan oleh instalansi tertentu untuk menyerang suatu negara, tak lama kemudian muncul Virus FLAME. Virus FLAME ini disebut sebut Virus yang paling canggih diabad ini. Virus yang hanya berukuran 20MB dapat menyusup ke dalam Seperti mengumpulkan data rahasia, mengubah setting komputer secara remote, menghidupkan mikrofon komputer untuk merekam pembicaraan, mengambil screenshot dan mengkopi pembicaraan di instant messaging. Wow, virus ini tentunya sangat berbahaya sekali jika dibiarkan dan bayangkan jika Virus ini berhasil meyusup ke sistem pertahanan indonesia dan diacak-acak, maka dengan mudahnya negara lain dapat menyerang negara kita ini dikarenakan sistem pertahanan kita sudah bukan kita lagi yang mengendalikanya tetapi negara lain.

Dengan pembuatan ke 3 Virus tersebut maka ini adalah warning bagi negara negara lain yang lemah akan sistem operasinya (khususnya dibidang yang vital seperti PLTN dan Kemiliteran). Dan virus Stuxnet,Duqu dan FLAME telah menandai awal perang didunia cyber, yang akan terus berlanjut hingga ke masa depan dan tidak akan pernah padam.

Dan sampai saat ini tidak ada pihak yang mengaku bertanggung jawab atas serangan virus tersebut. Tetap tujuan awal dari Virus tersebut sudah jelas, yaitu untuk menghancurkan sistem instalansi penting negara yang diincar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s