Asal usul Internet

Internet sekarang ini sepertinya sudah menjadi bagian gaya hidup bagi sebagian besar orang didunia ini, dan bahkan internet sepertinya sudah menjadi  kebutuhan  yang sama seperti sandang dan pangan bagi sebagian orang. Sekarang ini kita hanya tinggal enaknya saja menikmati internet ini, dikarenakan sekarang ini sudah banyak perusahaan-perusahaan yang menawarkan jasa internet. Tetapi tahukah bahwa asal mula diciptakan nya internet ini dikarenakan amerika yang kesal karena selalu didahului dalam peluncuran pesawat luar angkasa oleh rusia.

Singkat cerita, pada tahun 1957 Rusia (yang saat itu adalah Uni Soviet) berhasil mendahului Amerika dalam hal meluncurkan pesawat luar angkasa pertama didunia yang diberi nama Sputnik. Kesal karena didahului, kemudian Militer pertahanan amerika Serikat pada tahun 1958 membentuk (ARPA) Advance Research Project Agency yang dibentuk dengan tujuan agar meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi negara tersebut, sasaran ARPA adalah kemajuan dibidang teknologi komputer.

J.C.R Licklider pada tahun 1962 mengemukakan visinya : dimana komputer-komputer dapat saling dihubungkan antara satu dengan yang lainya secara global agar setiap komputer tersebut mampu menawarkan akses terhadap program dan juga data. Kemudian RAND corporation ternyata tertarik dengan ide yang telah dikemukakan oleh Licklider ini, dan segera membuat riset dalam hal pewujudan ide brilian ini.

Segera ide Licklider ini mulai terwujud, pada tahun 1969 ARPANET merilis Cooperative Networking of Time-sharing Computers, yang pada saat itu hanya menghubungkan 4 komputer di unveristas yang berbeda yaitu, Stanford Research Institute, University of California, University of Utah dan terakhir Santa Barbara.

3 tahun kemudian ARPANET diperkenalkan secara luas pada bulan oktober tahun 1972 kepada dunia. Dan segera pada tahun 1973 banyak permintaan Universita diluar amerika yang ingin bergabung denga ARPANET. Kemudian pada tahun 1977 sudah ada 111 komputer yang terhubung dengan ARPANET.

Kemudian pada tahun 1980, yaitu saat awal awalnya keluar PC(Personal Computer) yang banyak dibeli masyarakat membuat anggota ARPANET bertambah menjadi 213 anggota. Dikarenakan banyaknya komputer yang bergabung dengan ARPANET, membuat kekhwatiran akan bocornya rahasia kemiliteran amerika, oleh karena itu ARPANET dipecah menjadi 2 yaitu MILNET untuk keperluan militer dan ARPANET baru yang lebih kecil untuk keperluan non militer.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s